Rabu, November 18, 2009

Kuisioner Sebaran Kukang Jawa di Jawa Barat 2009

...


gambar di atas adalah bagian awal dari Kuisioner Kukang Jawa JABAR 2009

Mari Berpartisipasi Menyusun Peta Sebaran Kukang Jawa

Hi para sahabat pelestari alam. Sejauh ini kami Komunitas Peduli Komunitas Peduli Kukang Jawa atau KPKJ (TJSL-CP=The Javan Slow Loris Conservation Program)* sudah menginisiasi kegiatan pelestarian kukang jawa melalui hobi kami hiking & jalan-jalan di alam*.

Sejak Oktober 2007, kami mulai memasukkan agenda mencari informasi keberadaan kukang jawa di alam dari para penduduk sekitar gunung-hutan yang menjadi 'jelajah main' kami di Priangan Jawa Barat. Kukang jawa yang kami temui banyak ditemukan hidup tidak di hutan alami, tetapi di kebon leuweung atau talun (Winarti, 2003 & Winarti, 2008). Dari sini kami pun mulai menyadari betapa informasi ilmiah bahkan sekedar informasi perjumpaan satwa kukang jawa ini pun benar-benar se-pemalu satwanya. Informasi & data yang minim mengarahkan kita pada kelangkaan objek itu sendiri: kepunahan kukang jawa. Kita tentu tidak menginginkan hal tersebut sampai terjadi.

STATUS KONSERVASI KUKANG JAWA (IUCN-CITES)

"
IUCN (International Union for the Conservation of Nature dan Natural Resources) telah mengubah kategori kukang jawa dari Low Risk atau kurang terancam, menjadi Data Defiecientatau kekurangan data, dan kini menjadi Endangered atau Hampir Punah (IUCN 2007, Nekaris 2008). Status ini diperkuat oleh daftar yang dikeluarkan oleh CITES (Convention on International Trade of Endangered Species of Flora and Fauna) yang mengelompokkannya status kukang jawa dari Apendiks II menjadi Apendiks I. Flora dan fauna yang termasuk dalam Apendiks I berarti jumlahnya sudah sangat sedikit dan dikhawatirkan akan punah. Oleh sebab itu perdagangan kukang jawa sama sekali tidak diperbolehkan untuk kepentingan komersial. (Winarti, in prep. 2008)
"

UPAYA KONSERVASI PERLU DATA AWAL KONDISINYA DI ALAM

Langkah awal yang penting dalam upaya melestarikan suatu objek (flora-fauna-tempat-benda) adalah adanya data dasar yang benar. Untuk melestarikan kukang jawa kita perlu mengenal satwa ini beserta kehidupan alaminya di alam. Kita perlu data ekologi: sebaran (ada di mana saja kah), habitat (hidup di tempat seperti apakah, apa makanannya), perilaku, serta interaksi dengan manusia sebagai faktor yang sangat berpengaruh bagi kehidupannya.

Langkah pertama sudah ditapakkan. Kami berhasil melakukan pendataan sebaran habitat & populasi kukang jawa beserta kegiatan penyadartahuannya di lima Desa. Besar harapan kami untuk dapat terus melanjutkan kegiatan ini, & juga berharap semoga ada yang mau ikut serta atau melanjutkan langkah ini.

Masih sebagai langkah pertama kami bermaksud melakukan pendataan sebaran kukang jawa dalam area yang lebih luas yaitu Jawa Barat. Untuk (meski dengan segala sumber daya yang sangat minim) itulah kami mulai mengkonsep suatu format kuisioner dengan tujuan mengumpulkan data informasi keberadaan kukang jawa di Jawa Barat.

ADA DIMANA SAJAKAH KUKANG JAWA DI JAWA BARAT?

Tujuan pengumpulan data kuisioner adalah: membuat peta sebaran kukang jawa di Jawa Barat.
Data ini akan sangat membantu program penelitian & aplikasi pelestarian kukang jawa. Hasil analisis kuisioner ini akan didistribusikan ke lembaga penelitian primata & ekologi di Indonesia (sementara ini dengan cara: by request karena keterbatasan dana).

Ayo.. Mari sahabat pelestari alam, kita berpartisipasi dalam mengumpulkan data informasi keberadaan kukang jawa ini.

Bagi yang:
  • pernah melihat kukang jawa di alam
  • mengetahui ada orang yang pernah melihat kukang jawa di alam
  • pernah melihat kukang jawa diperjualbelikan di suatu tempat
  • mengetahui ada orang yang pernah melihat kukang jawa diperdagangkan di suatu tempat
  • pernah melihat kukang jawa ditangkap/diburu di alam
  • mengetahui ada orang yang pernah melihat kukang jawa ditangkap/diburu di alam

mohon kesediaannya untuk berpartisipasi mengisi kuisioner ini:

silahkan download kuisioner sebar kuja 2009



versi .dock (word 2007) di rapidshare
atau
versi .dock (word 2007) di 4shared

versi .doc (word 97-2003) di rapidshare
atau
versi .doc (word 97-2003) di 4shared

Kuisioner harap dikirimkan kembali kepada kami di kukangjawa@yahoo.com sebelum 29 Desember 2009.

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di kukangjawa@gmail.com

Terima kasih atas partisipasi Anda mengisi kuisioner ini. Mari bersama seluruh warga Jawa Barat, kita lestarikan kukang jawa & alam kita! Salam lestari! :-)

==
* Komunitas kami terdiri dari warga Indonesia: mahasiswa & alumni Biologi-Primatologi-Hukum-Keuangan-Fotografi & Jurnalistik, para pencinta alam, serta masyarakat sekitar –para pelestari- yang tersebar di desa-desa habitat kukang jawa di Priangan Jawa Barat.